Kubah masjid – Masjid adalah tempat orang Islam menunaikan ibadahnya. Masjid banyak kita jumpai di negara-negara Islam di dunia, Misalnya adalah Arab Saudi, Pakistan, Irak, Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam dan negara Islam lainnya. Di negara ini terdapat masjid yang sangat banyak, bahkan banyak di antaranya yang tergolong masjid yang megah.

Namun, tidak hanya di negara islam saja yang mempunyai masjid-masjid yang megah. Negara Prancis yang mayoritas penduduknya bukan orang Islam, juga memiliki masjid yang tergolong masjid yang sangat megah dan unik. Yaitu masjid Agung Prancis. Masjid ini dibangun pada tahun 1920 dan direnovasi pada tahun 1992. Dibuat dengan beton-beton yang bertulang, sehingga menjadikan masjid ini tampak kokoh.

Masjid ini adalah masjid yang sangat bersejarah bagi orang muslim di Prancis. Karena masjid Agung Prancis dulunya dijadikan tempat perlindungan penduduk ketika perang dunia ke II. Masjid ini mempunyai desain yang unik, berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya, khususnya pada kubahnya. Kubah masjid Agung Prancis berbeda dengan kubah masjid yang terdapat di negara lain pada umumnya. Kebanyakan kubah masjid memiliki 1 kubah utama dan memiliki beberapa kubah pendamping, dengan bentuk yang sama tapi ukurannya saja yang berbeda.

Tapi berbeda halnya dengan kubah masjid Agung Prancis, kubah masjid ini cukup unik. Apa yang unik dari kubah masjid Agung Prancis ini? Berikut ulasannya.

  1. Memiliki bentuk yang berbeda

Pada umumnya kubah masjid adalah berbentuk bulat setengah bola atau sedikit kerucut. Sama halnya dengan kubah masjid agung prancis ini. Yang membedakan adalah kubah masjid Agung Prancis memiliki dua kubah yang berbeda. Yaitu kubah pertama yang berbentuk bulat yang terletak pada bagian atas samping masjid. Dan kubah kedua yang berbentuk kerucut, yang terletak pada bagian tengah tempat beribadah, kubah tersebut tampak indah dengan balutan warna hijau yang serasi dengan warna masjid. Jelas ini membedakan masjid Agung Prancis dengan masjid-masjid yang ada di negara lain.

  1. Warna kubah Masjid Agung Prancis

Selain bentuk kubah yang berbeda, masjid Agung Prancis juga mempunyai keunikan lain pada kubahnya, yaitu warna yang berbeda antara kubah pertama dan kedua. Tidak ada alasan pasti tentang berbedanya warna pada kedua kubah masjid ini. Tetapi dengan perbedaan ini menjadikan masjid ini salah satu masjid yang memiliki keunikan pada warna kubahnya. Masjid ini dibangun dengan mengadopsi arsitektur khas muslim Spanyol pada abad pertengahan.

 

Masjid adalah bangunan bersejarah bagi umat Islam di dunia, salah satunya adalah masjid Agung Prancis yang memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh masjid-masjid pada umumnya. Jika anda sedang berlibur di Prancis, maka tidak ada salahnya anda mampir ke masjid Agung Prancis untuk menikmati keindahan masjid tersebut dari dekat.